Jumat, 06 Januari 2017

Besi Hollow dan Besi Galvanis

Besi Hollow
Besi hollow sebenarnya merupakan bagian dari besi jenis polos yang mempunyai penampang berbentuk lingkaran, persegi panjang, atau bujur sangkar dan memiliki rongga di bagian tengahnya. Besi jenis ini umumnya dijual dengan panjang 6 meter. Nama jenis atau tipe besi hollow biasanya menggunakan ukuran diameter dan ketebalan besinya. Contoh, besi dengan diamater 2”/2 mm merupakan besi bulat dengan tebal 2 mm, sementara besi 2x3/2 adalah besi hollow persegi dengan ukuran lebar penampang 2 centimeter, tinggi penampang 3 cm, dan tebal 2 mm. Ukuran ketebalan pipa terkadang disebutkan juga secara lebih simpel sebagai tipis, medium, atau tebal. Besi dengan kategori tipis biasanya memiliki tebal sekitar 1 mm, sementara besi medium memiliki tebal kira-kira 1,5-2 mm, dan besi tebal memiliki ukuran tebal berkisar 2,5 mm.

Terkait penggunaan atau pengaplikasian masing-masing kategori besinya bergantung pada fungsi dan bentangan yang diinginkan. Besi tipis hanya sesuai untuk balok rangka pembantu saja, yang biasanya hanya memerlukan penyekrupan. Hal ini disebabkan besi hollow ukuran tipis sangat mudah dilubangi dengan menggunakan bor, contoh untuk rangka plafon gypsum misalnya, atau rangka kanopi. Adapun untuk pembuatan pagar besi yang memerlukan proses pengelasanm tentu harus menggunakan besi dengan ukuran paling tebal, karena besi tips nyaris tidak dapat dilakukan pengelasan padanya. Mahal atau murahnya harga besi hollow bergantung pada ukuran dan ketebalan besinya.

Besi Galvanis

Ada pengembangan dari jenis besi hollow ini, yaitu jenis besi dengan bahan galvanis, yang memiliki karakteristik tahan karat, sehingga bahkan walaupun pemasangannya terenda air, jenis besi ini tidak akan berkarat. Dengan karakteristik seperti ini, maka besi jenis galvanis termasuk besi dengan harga pasaran paling tinggi, dan uniknya besi ini hanya tersedia dalam satu ukuran ketebalan saja yaitu 2,5 – 2 mm. Jenis besi galvanis sangat direkomendasikan untuk penggunaan rangka utama pagar, mengingat penyebab utama karat biasanya bukan dari arah luar, namun justru dari arah dalam yang posisinya tidak mungkin dilakukan proses pengecatan. Dari sisi tampilan, ciri utama besi galvanis warnanya putih silver, sedangkan tampilan besi biasa pada umumnya berwarna coklat.
Besi Galvanis

Demikian sekilas uraian mengenai besi hollow dan galvanis, semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More